Memilih Pipa Sesuai Dengan Kebutuhan

Tips Memilih Pipa Sesuai Dengan Kebutuhan

Suatu instalasi pipa memiliki peranan yang sangat penting di dalam kebutuhan rumah tangga ataupun proyek bangunan besar. Entah pipa tersebut digunakan untuk pembuangan, untuk menyalurkan air panas, dan kebutuhan lainnya.

Melihat pentingnya pipa maka jika terjadi kerusakan maka sudah dipastikan jika saluran air akan menjadi terganggu. Ketika hal tersebut dibiarkan saja maka  akan memicu hal lain seperti kerusakan ataupun kebocoran yang tidak terduga.

Banyak Jenis Pipa Sudah Tersedia

Untuk menemukan pipa yang dibutuhkan sebenarnya bukan suatu hal yang sulit. Ini karena di pasaran sudah banyak pipa yang dijual untuk berbagai macam kebutuhan. Beberapa jenis pipa tadi seperti PVC, HDPE, PPR, dan juga PE.

Maka sangat penting mengetahui berbagai jenis pipa tadi dengan supplier berkualitas yang bisa dipilih untuk menyediakan pipa yang dibutuhkan.

Tips Mudah Memilih Pipa Sesuai Kebutuhan

a. Kenali Jenis Pipa yang Dibutuhkan

Seperti yang dikatakan sebelumnya jika jenis pipa sangatlah beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Tidak hanya itu, karakteristik pipa untuk masing-masing jenisnya berbeda dan berpengaruh pada pemakaiannya.

Contohnya jenis pipa yang paling banyak dipakai untuk proyek air bersih yakni pipa HDPE. Pipa ini lentur dan juga kuat sehingga tidak akan mudah terkena korosi. Umumnya distributor akan menjual pipa HDPE berbentuk gulungan panjang, jadi teknik fitting tidak akan perlu banyak digunakan.

HDPE juga mempunyai daya tahan hingga 50 tahun jadi Anda tidak perlu sering melakukan pergantian pipa, Anda hanya perlu menjaganya dari berbagai resiko kerusakan saja.

Jenis lainnya yakni PVC yang berbahan dasar plastik yang kaku dan keras serta memiliki warna putih. Pipa ini dapat dipakai untuk kebutuhan rumah seperti saluran pembuangan air dan atap rumah. Pipa ini memerlukan sambungan dan sambungan minimal-nya yakni 4 meter.

Ketika membandingkan mana antara HDPE dan PVC sudah pasti paham mengenai perbedaannya. HDPE terkenal lebih elastis dan dapat digulung, maka mengenal karakteristik pipa sangat penting agar Anda bisa memilih pipa yang paling tepat.

Memilih Pipa Sesuai Dengan Kebutuhan

b. Memastikan Kekuatan ataupun Kelenturan Pipa

Ketika Anda datang ke penjual pipa pastinya akan menemukan merk serta jenis pipa berbeda sehingga kualitasnya sudah pasti akan berbeda. Cara mudah mengetahui kualitasnya yakni menekan pipa hingga ke bagian saling bertemu.

Nantinya ketika tidak pecah maka itu menandakan bahwa pria benar-benar lentur dan kualitasnya sangat baik. Hal ini karena tidak semua pipa itu kuat, tentunya perbedaan bahan dasar menjadikan pembeda antara pipa lainnya.

Baca :  Mengenal Jenis-Jenis Jasa Pengiriman Cargo Di Jakarta

c. Sesuaikan Ukuran Pipa dan Kebutuhannya

Menyesuaikan ukuran pipa merupakan hal yang penting dikarenakan jika salah ukuran. Tentunya kebutuhan pipa tidak akan terpenuhi dan pastinya Anda akan mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli yang sesuai.

Jangan lupa untuk menghitung serta menentukan total kebutuhan pipa karena akan berpengaruh pada diameter ataupun jenis pipanya. Bila diperhatikan dari segi ukuran, pipa untuk kebutuhan rumah memerlukan pipa berdiameter 1/2 inch hingga 1 1/2 inch.

Standar ukuran radu berlaku pada pipa berjenis HDPE serta PVC. Kemudian untuk besaran pada tekanannya Anda dapat memilih pipa yang berjenis AW. Jika untuk tekanan sedang semacam pembuangan air hujan dan limbah maka bisa memakai jenis pipa tipe D.

d. Menentukan Fitting dan Perekatnya

Untuk proses fitting atau penyambungan, ada baiknya Anda memakai fitting yang serupa tipenya dengan jenis serta ukuran diameter yang dipakai. Ketahui bahwa jenis fitting pipa itu akan berbeda-beda.

Kemudian untuk memilih jenis perekat penting juga untuk mengetahuinya. Tidak hanya pipa yang memiliki banyak jenis namun juga perekat memiliki jenis beragam. Tersedia 2 jenis perekat ataupun lem yang bisa digunakan.

Untuk jenis pertama yakni jenis lem yang hanya dapat merekat di bagian pipa dan fitting. Jenis selanjutnya bisa menyatukan pipa lewat proses kimiawi dan dikenal dengan nama solvent coment. Jenis pertama akan langsung kering dalam kurun waktu 1-2 jam, akan tetapi daya sambungnya sangat bergantung pada daya adhesive bahan yang dipakai.

Jenis kedua yakni solvent coment waktunya cukup lama yakni 5-6 jam. Proses persenyawaan pada pipa tentu saja akan membuat penyambungan menjadi lebih kuat.

e. Membedakan Saluran Pipa Sesuai Kondisinya

Melakukan pembedahan pada saluran pipa sesuai pada kondisi airnya juga tergolong penting. Hal ini karena jenis pipa berbeda maka akan berbeda pula manfaatnya. Jadi akan sangat penting untuk mengetahui karakteristik pipa yang digunakan.

Kesimpulan

Jadi pada intinya memilih pipa tidak boleh sembarangan dan harus sesuai kebutuhan. Menurut distributor pipa besi Jakarta salah satunya yakni kenali karakteristik pipa-nya sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jika Anda masih sulit memilih maka jangan ragu bertanya kepada penjual karena biasanya akan lebih paham mengenai jenis pipa yang Anda perlukan.